Pemakaian KB Hormonal (Suntik , Susuk) menyebabkan Serangan Stroke!! Benarkah?

Foto: ilustrasi
text-align: justify;">
Stroke merupakan salah satu penyebab utama kematian dan kecacatan di dunia. Stroke dibagi menjadi 2 berdasarkan patofisiologinya, yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik. Faktor risiko terjadinya stroke dapat dibagi menjadi dua, yaitu faktor risiko yang dapat dimodifikasi dan faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi. Salahsatu faktor risiko yang dapat dimodifikasi adalah penggunaan kontrasepsi hormonal. Penelitian terdahulu masih menjadi kontroversi.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kasus kontrol. Sampel didapatkan dari pasien Poliklinik Saraf Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta. Data yang diperoleh kemudian dianalisis univariat, dilanjutkan analisis bivariat dengan uji chi-square, dan multivariat dengan uji regresi logistik. 

Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah riwayat penggunaan kontrasepsi hormonal (OR: 0,275, 95%CI: 0,343-1,358, p: 0,275) tidak berhubungan secara signifikan dengan kejadian stroke iskemik. 

Kesimpulan: penggunaan kontrasepsi hormonal bukan merupakan faktor risiko terjadinya stroke iskemik. Adanya faktor risiko lain seperti hipertensi, diabetes melitus, dan dislipidemia diduga menjadi faktor risiko independen terjadinya stroke iskemik.

Sumber: [jurnalmedika.com]